pantau dan dukung situs berita STANIA-INFO.COM dengan menekan tombol ikuti dibawah halaman ini # untuk promosi,pemberitaan,claim,dll hub.081377501213 # bagi masyarakat yang memiliki informasi penting, peristiwa, berbagi informasi, fhoto, video dll. hub.0813-7750-1213 AIR MASAK VS AIR ISI ULANG ~ STANIA INFO
close
BUTUH NIDI, SLO, KWH? ATAU PUNYA MASALAH KELISTRIKAN LAINYA? HUBUNGI PT.GOPAL.ID

Monday, June 5, 2023

AIR MASAK VS AIR ISI ULANG

AIR ISI ULANG DENGAN AIR MASAK,MANA LEBIH HEGEINIS

Stania-info.com - Air yang bersih yang segar untuk dikomsumsi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, sejak munculnya air minum mineral atau air galon dari depot pengisian lokal, maka seringkali masyarakat luas membanding-bandingkan kehegeinisan air minum isi ulang dengan air masak. 

Dalam keraguan dari dua perbandingan itu, penting bagi kita semua untuk memahami lebih dalam tentang perbedaan diantara keduanya.


Air Isi Ulang

Air isi ulang atau air galon adalah air bersih yang dikemas dalam botol plastik dan biasanya diisi ulang didepot isi ulang dari sumber air yang bersih dan dianggap hegeinis.

Air isi ulang ini hasil dari serangkaian proses filterasi dan pemurnian untuk menghilangkan kontaminan dan partikel-partikel yang kemungkinan tergantung di dalamnya.

Ada Beberapa keuntungan menggunakan air isi ulang ini yaitu praktis, ketersediaan yang mudah, dan jaminan kualitas air oleh produsennya.

Depot Air isi ulang ini biasanya harus memiliki izin dan sertifikat kehegeinisan dari dinas kesehatan, BPOM dan harus melewati proses pengujian laboratorium untuk memastikan standarisasi kualiatas dan keamanan air isi ulang tersebut.


Air Masak

Air masak adalah air bersih siap konsumsi yang diproses melalui pemanasan api atau sumber panas lainnya hingga mendidih yang biasanya ditemferatur 100 derajat celsius untuk memastikan bakteri dan partikel-partikel berbahaya lainnya menjadi netral dan aman untuk tubuh.

Proses pemanasan air minum ini adalah Metode tradisional yang digunakan di rumah tangga. penting untuk diperhatikan bahwa air yang dimasak tidak serta-merta bisa menghilangkan kontaminan kimia yang mungkin terkandung dalam air tersebut, seperti minyak, logam atau bahan kimia lainnya ditemferatur diatas 100⁰celsius sekalipun.


Perbandingan Kehegeinisan

Kebersihan

Air isi ulang yang diproses melalui pemurnian dan filterasi itu cenderung lebih aman,bersih dan bebas dari kontaminan dibandingkan dengan air masak.

Namun, terkadang ada depot air isi ulang yang lupa atau belum mengganti filter airnya secara berkala sehingga mempengaruhi kualitas air yang mereka hasilkan.


Kontaminan Kimia

Air isi ulang yang telah melalui proses pemurnian biasanya bebas dari kontaminan kimia seperti logam berat atau bahan kimia lainnya.

Air masak tidak menghilangkan kontaminan kimia tersebut.


Konsistensi Kualitas

Air isi ulang umumnya mempertahankan kualitas yang konsisten setiap kali dibeli, karena air tersebut diproses oleh pemasok yang bertanggung jawab.

Air masak dapat bervariasi tergantung pada sumber dan sistem penyedia air di setiap daerah.


Kemudahan Akses

Air isi ulang bisa dengan mudah dipesan dan diantarkan ke rumah karna sudah terdapat dimana-mana disetiap kampung, sementara air masak memerlukan waktu dan usaha untuk melakukan proses pemanasan air.


Keamanan Mikroorganisme

Air isi ulang dan air masak dapat memberikan keamanan dari mikroorganisme setelah melalui proses pemurnian atau pemanasan yang sesuai presedur.

Nah, Dari ulasan singkat tentang perbandingan air isi ulang dengan air masak diatas sudah terkuak bahwa air isi ulang lebih aman dikonsumsi dibanding air masak. Namun, walau demikian masih banyak orang-orang tua yang tetap memilih air masak untuk dikonsumsi dengan berbagai alasan.

Terimakasih sudah singgah dan membaca. Semoga bermanfa'at(Stin)

Share:
pangkalpinang Pangkal Pinang, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

1 comments:

OBJEK WISATA

ardy stania sukses

YOUTUBE

Translate